Naik Kereta Keliling UK

photo-edited

Photo: Taken during a train ride from York to Edinburgh

Agak malu rasanya, kok malah lebih banyak khatam mengunjungi kota-kota di UK daripada di Indonesia. Bagi saya, mengunjungi kota-kota yang bukan tempat berdomisili di Indonesia kok ya susah banget, dari segi waktu maupun biaya. Namun, mengunjungi kota-kota di UK rasanya tinggal cuss aja (ya tapi ini lebay sih, masih ada juga pertimbangan waktu dan biaya). Mungkin beberapa alasannya adalah karena ‘kepepet’ mode-on (tinggal di UK hanya sebentar saja dan belum tentu bisa balik lagi) dan karena negara ini cuiiiilik banget kalau dibandingkan dengan Indonesia. Iya kaaan… si Indonesia raya negara kecintaan kita memang luasnya sungguh besar, bahkan lintangnya mencakup 3 zona waktu. Lhaa UK? Dari ujung ke ujung naik kereta, mungkin hanya memakan waktu maksimal setengah hari (dengan kereta cepat, tentunya).

Kedua alasan tersebut membuat biaya perjalanan dan mode transportasi untuk berjalan-jalan jadi berbeda. Kalau di Indonesia moda transportasi yang sangat sering digunakan adalah pesawat karena cepat dan (cenderung) bisa lebih murah, maka moda transportasi ini justru tidak pernah saya cicipi saat berjalan-jalan di dalam UK (exclude Northern Ireland, yang saya sendiri malah belum pernah). Berkebalikan dengan di Indonesia yang sepertinya bagi saya kereta api adalah moda transportasi yang ada di urutan paling bawah (eh, tapi katanya sekarang kereta api di Indonesia sudah ciamik yaa?), naik kereta menjadi hal favorit saya saat bepergian di dalam UK. Kereta adalah pilihan utama saat berusaha untuk memenuhi checklist kota yang harus dikunjungi ke UK. Sebenarnya, ada banyak cara lain untuk berkeliling UK, seperti naik mobil, bus, atau pesawat. Namun, bagi saya, naik kereta has its own charm!

Pertama, value for money. Yah, walaupun harga tiket kereta di UK adalah salah satu yang termahal di dunia (apabila dihitung per mile), value for money-nya cukup baik. Bagi saya, naik kereta ke salah satu kota rasanya lebih murah dibandingkan dengan menyewa mobil (plus asuransinya) dan mengisi bensin. Belum lagi dihitung lelahnya membaca peta dan menyetir – saya langsung angkat tangan. Memang sih, ada daerah-daerah tertentu yang agak sulit terjangkau oleh kereta sehingga mobil mutlak dibutuhkan. Namun, sebagian besar area di UK sangat terjangkau oleh kereta. Ke-murah-an kereta bisa ditambah lagi apabila kita memiliki railcard. Berbagai jenis railcard yang ditawarkan bisa memfasilitasi diskon (up to 30%). Situs pencarian tiket murah transportasi pun sangat-sangat membantu sehingga kita bisa memilih perjalanan kereta yang sesuai dengan budget dan jadwal kita.

Kedua, seperti yang telah sedikit disinggung, naik kereta di UK sangat nyaman. Fasilitas toilet yang cukup modern tersedia di kereta, pun pada beberapa provider, ada kantin sehingga kita bisa membeli makanan dan minuman. Electrical plug juga tersedia di sebagian besar kereta. Rasanya, kereta terminim fasilitas yang pernah saya naiki adalah Northern Rail yang keretanya sudah tua (tidak semua kereta Northern Rail begini) dan London Midlands. Hahaha… Tentunya, kompensasi dari minimnya fasilitas adalah harga yang lebih murah. Kenyamanan lain yang bagi saya invaluable adalah kita dapat dengan mudah datang ke stasiun, duduk manis di kereta, dan sampai di kota tujuan tanpa harus pusing memikirkan rute. Energi pun dapat tersimpan untuk dihabiskan saat meng-explore kota tujuan wisata.

Ketiga, the scenic route. Okeh, sebenarnya ini adalah alasan utama saya. Entah kenapa, hampir seluruh perjalanan kereta di UK kok ya dilengkapi dengan suguhan pemandangan yang luar biasa indah di sepanjang perjalanan. Lagi-lagi, yang ter-tidak indah adalah perjalanan dari Birmingham ke London. Sisanya? Wonderful Journey! Membandingkan pemandangan saat bepergian di dalam UK dan saat naik kereta antar-kota di Spanyol, jauuuuhhh banget level keindahan pemandangannya. Mungkin, the scenery can only be defeated by the route in Switzerland and Southern Germany. Yah, kalau di Swiss sih nggak usah ditanya lagi, ya. Mungkin indahnya nggak ada yang ngalahin. Rute favorit saya sampai sekarang adalah perjalanan dari York menuju Edinburgh melalui pantai timur Inggris yang melewati Newcastle dan Durham. Super bagus! Saya bisa melihat pantai, tebing-tebing putih, kota-kota kecil, jembatan yang menyeberangi muara, dan kapal-kapal. Ditambah dengan bonus langit biru dan awan putih? Unbelievable. Masih ada banyak lagi tipe-tipe pemandangan yang bisa dinikmati, tentunya sesuai dengan daerah yang dilewati oleh kereta. Pokoknya, tidak bosan-bosan melihat keluar jendela.

The downside…. Hmmm.. apa ya? Apa kurangnya moda transportasi kereta di UK. Selama yang saya alami, mungkin downside-nya adalah kita jadi tidak bisa fleksibel dalam merancang itinerary karena terpatok oleh jadwal kereta. Ini pun bisa disiasati karena biasanya, ada beberapa kali perjalanan menuju satu kota di dalam satu hari (kebanyakan untuk kota-kota besar). Selain itu, seperti yang juga telah disebutkan di atas, ada beberapa daerah yang agak sulit diakses dengan kereta – bisa karena daerah tersebut terpencil sekali. Nah, biasanya sih, untuk daerah-daerah ini, kita harus berganti kereta beberapa kali untuk sampai di tempat tujuan. Terakhir, berhubungan dengan aksesibilitas, tentunya harga tiket kereta ke tempat-tempat yang sulit dijangkau juga lebih mahal. Saya beruntung karena saat ini tinggal di Birmingham yang merupakan transportation hub bagi kereta. Hal ini menyebabkan harga tiket kereta ke dan dari Birmingham cenderung lebih murah. Dulu, saat masih tinggal di Hull, harga tiket kereta jauuuh lebih mahal. Lagi-lagi, hal ini bisa disiasati dengan membeli tiket dari jauh hari (harga tiket go-show super mahal) sehingga kita bisa mendapatkan best deal.
Intinya, I truly recommend you to try using train to travel around UK. Semoga bisa menjadi pengalaman tak terlupakan! Selamat naik kereta keliling UK.

Advertisements

2 thoughts on “Naik Kereta Keliling UK

  1. Mbak Izza apakah masih di Birmingham sekarang?
    Saya ada rencana untuk ke UK dengan kereta ada rekomendasi untuk kartu keretanya apa ya mba? Apakah bisa beli online?
    Oya boleh minta emailnya mba izza?

    Terima kasih sebelumnya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s